Menu

Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam

August 22, 2015 | Pengolahan Air Limbah

Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam

Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam, adalah informasi bahwa Jepang akan mengelola sampah dan limbah di Batam, jika kerjasama ini baik untuk kedua belah pihak antara Jepang dan Indonesia mari kita doakan agar kerjasama pengolahan limbah ini sukses. Kiagus, perwakilan Bapelda Kota Batam memberikan penjelasan pada acara seminar dan temu bisnis yang diselenggarakan BP Batam di Gedung Politeknik Batam, Rabu (19/8).F.Cecep Mulyana/Batam Pos.

Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam

Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar seminar dan temu bisnis dengan Pemerintah Kota Yokohama, Jepang di aula Politeknik Negeri Batam, Rabu (19/8). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan penandatanganan nota kesepahaman (MoU-Memorandum of Understanding) antara Pemko Batam dan Yokohama bulan Januari lalu.

Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam

Mereka (Yokohama) ingin bekerja sama di bidang penghijauan dan pengelolaan limbah, kata Jon Arizal, Wakil Ketua BP Batam.

Peneliti Lingkungan Jepang, Sudarmanto Budi Nugroho menambahkan, Pemko Yokohama juga ingin berinvestasi di bidang energi dan sampah. Namun, Yokohama hanya bisa mengusulkan. Penentuan bidang investasi berada di tangan Pemko dan BP Batam.

Sekarang ini sedang technical mission. Nanti akan di-matchingkan dan langsung direalisasikan, ujar pria yang akrab disapa Toto tersebut.

Dalam seminar itu, Toto memaparkan dan menjelaskan cara-cara mengurangi pencemaran lingkungan dari karbon dioksida (CO2). Ini sejalan dengan program Indonesia untuk mengurangi tingkat karbon dioksida. Program ini sudah dimulai sejak 2012 lalu.

Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam

Tahun ini, Indonesia menargetkan mengurangi karbondioksida hingga 26 persen. Dengan kerja sama ini, diharapkan CO2 akan berkurang hingga 41 persen.

Dalam kunjungan ini, kami sudah melakukan pengecekan di beberapa tempat, katanya lagi.

Total ada 13 perusahaan asal Yokohama yang mengikuti seminar dan temu bisnis ini. Mereka sudah mengunjungi kawasan industri Batamindo, Panbil, dan Kabil. Juga di Bandara Internasional Hang Nadim dan Pelabuhan Feri Internasional Sekupang dan Batamcentre.

Dijadwalkan, rombongan Yokohama juga akan mengunjungi TPA Punggur dan Pelabuhan Batuampar. Kalau Yokohama ingin mengikuti tender pengelolaan Batuampar, silakan saja, timpal Jon Arizal, Wakil Ketua BP Batam.

Keinginan Yokohama untuk mengelola sampah dan limbah dan Batam itu karena mereka melihat banyaknya sampah rumah tangga dan limbah industri di Batam. Selama ini, pengelolaan sampah dan limbah dilakukan sendiri.

Rencananya, Korea juga berniat melakukan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Kabil. Namun, proyek tersebut belum terwujud.

Related For Yokohama Tertarik Kelola Sampah dan Limbah Batam

Recent Post

Pengolahan Limbah Air Wudhu Pengolahan…
Pengolahan Air Limbah Organik Pengolahan…
Pengolahan Limbah Air Bekas Cucian…
Pengolahan Air Limbah Bengkel Pengolahan…