Menu

Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com

Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com

Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com adalah teknik dalam pengolahan air limbah sehingga air limbah bisa dimanfaatkan kembali tanpa mengakibatkan gangguan terhadap ekosistem yang ada dilingkungannya, more infor mengenai Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com call 081323739973.

Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com

Article >>>>> Tehnik Pengolahan Air Limbah
Limbah merupakan hasil buangan sisa industri yang mengandung berbagai macam kandungan berbahaya dan tak berguna. Oleh karena itu wajib bagi para pelaku industri untuk mengolah limbahnya terlebih dahulu agar layak dibuang ke lingkungan. Lemahnya penegakan hukum terhadap para pelaku industri yang tidak mau mengolah limbah menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan sekitar. Jika dipikirkan lebih jauh maka tak sekedar itu kerugiannya, rusaknya lingkungan dapat berdampak pada matinya makhluk hidup disana yang kemudian dapat mematikan mata pencaharian penduduk yang biasanya bekerja sebagai nelayan. walaupun jika para nelayan nekat, ikan beracun yang tercemar limbah tersebut dapat meracuni manusia yang memakannya. karena secara tidak langsung kita memakan limbah tersebut.

Ada 5 tahap yang di perlukan dalam pengolahan air limbah. yaitu:
– Pengolahan Awal (Pretreatment)
– Pengolahan Tahap Pertama (Primary Treatment)
– Pengolahan Tahap Kedua (Secondary Treatment)
– Pengolahan Tahap Ketiga (Tertiary Treatment)
– Pengolahan Lumpur (Sludge Treatment)

1. Pengolahan Awal (Pretreatment)
Tahap ini melibatkan proses fisik yang bertujuan untuk menghilangkan padatan tersuspensi dan minyak dalam limbah. Beberapa proses pengolahan yang berlangsung pada tahap ini ialah screen and grit removal, equalization and storage, serta oil separation.

2. Pengolahan Tahap Pertama (Primary Treatment)
Pengolahan tahap pertama memiliki tujuan yang sama dengan pengolahan awal. Letak perbedaannya ialah pada proses yang berlangsung. Proses yang terjadi ialah neutralization, chemical addition and coagulation, flotation, sedimentation, dan filtration.

3. Pengolahan Tahap Kedua (Secondary Treatment)
Tahap kedua dirancang untuk menghilangkan zat terlarut dari limbah yg tak dapat dihilangkan dgn proses fisik. Peralatan yang umum digunakan pada pengolahan tahap ini ialah activated sludge, anaerobic lagoon, tricking filter, aerated lagoon, stabilization basin, rotating biological contactor, serta anaerobic contactor and filter.

4. Pengolahan Tahap Ketiga (Tertiary Treatment)
Proses-proses yang terlibat dalam pengolahan air limbah tahap ketiga ialah coagulation and sedimentation, filtration, carbon adsorption, ion exchange, membrane separation, serta thickening gravity or flotation. Pada proses ini dilakukan pemisahan secara kimia untuk lebih memurnikan air yang belum sepenuhnya bersih.

5. Pengolahan Lumpur (Sludge Treatment)
Lumpur yang terbentuk sebagai hasil keempat tahap pengolahan sebelumnya kemudian diolah kembali melalui proses digestion or wet combustion, pressure filtration, vacuum filtration, centrifugation, lagooning or drying bed, incineration, atau landfill.

Terima kasih sudah membaca informasi ini, jika masih ada pertanyaan, kritik, saran, atau apapun mengenai informasi ini hubungi kami di hp 081323739973 bbm 597BAcee, atau office 022-85920070, sekali lagi terima kasih sudah membaca informasi ini yang berjudul  Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com.

Related For Tehnik Pengolahan Air Limbah | pengolahanairlimbah.com

Recent Post

Pengolahan Limbah Air Wudhu Pengolahan…
Pengolahan Air Limbah Organik Pengolahan…
Pengolahan Limbah Air Bekas Cucian…
Pengolahan Air Limbah Bengkel Pengolahan…