Menu

instalasi pengolahan limbah

Instalasi pengolahan limbah

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP) yaitu merupakan struktur rancang dengan tujuan membuang limbah biologis dan kimiawi dari air limbah sehingga memungkinkan air limbah tersebut diperlukan untuk digunakan dalam aktivitas lainnya. Fungsi dari IPAL mencakup :

  • Pengolahan air limbah pertanian, untuk menyalurkan hasil kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari areal lingkungan pertanian sehingga dapat dimanfaatkan ulang.
  • Pengolahan air limbah perkotaan, untuk menyalurkan limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya untuk diolah kemudian dibuang ke lingkungan dengan sudah dapat diterima alam.
  • Pengolahan air limbah industri, untuk menyalurkan limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan, sehingga tidak mencemari lingkungan dan tidak membahayakan mahluk hidup terutama manusia.

instalasi pengolahan limbah

Instalasi pengolahan limbah

Pengertian lain dari Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) adalah Suatu system berupa perangkat peralatan teknik dengan perlengkapan pendukungya untuk mengolah / memproses keluaran baik cairan ataupun sisa sisa hasil pemrosesan produksi sebuah pabrik sehingga sisa berupa cairan limbahnya sudah bisa dimanfaatkan ulang oleh mahluk hidup dan tentu tidak membahayakan.

Kegunaan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP)

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP) sangat bermanfaat bagi manusia serta mahluk hidupnya, antara lain :

  1. Mengolah air limbah domestic dan atau industry, agar airnya dapat diunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  2. Agar air limbah bisa dimanfaatkan kembali dan tidak membahayakan mahluk hidup untuk jika dialirkan ke suangai.
  3. Agar kehidupan yang ada disungai bisa hidup/ tidak mati.

Tujuan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP)
Untuk menyaring dan membersihkan air limbah yang sudah tercemar dari bahan kimia industry taupun limbah domestic/limbah rumah tangga.

Instalasi pengolahan limbah

Proses Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP)

Pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang proses pengolahan air limbah rumah tangga/domestic ataupun air limbah industry sehingga didapatkan keluaran air bersih yang tidak membahayakan mahluk hidup :

1. Air Limbah domestic/ limbah rumah tangga atau industry tersebut di alirkan ke tempat instilasi.
2. Kemudian, ari limbah tersebur akan melalui 4 tahap proses.

3. Pada proses pertama air limbah itu akan di tampung pada tampungan yang berisi pasir, yang dimana fungsi pasir tersebut, untuk mengendapakan partikel-partikel kecil limbah sehingga limbah tinggal berupa cairan.

4. yang kedua, air limbah tersebut akan mengalir ke tampungan yang berisi kerikil, fungsi kerikil sama saja dengan fungsi pasir, yaitu untuk mengendapkan partikel air limbah yang lebih besar tersebut.

5. Pada tahap pengolahan IPAL pada satu ini, air limbah akan mengalir di tampungan yang berisi banyak enceng gondok.Enceng gondok tersebut berfungsi sebagai penyerap zat-zat kimia terutama amonia dan fosfat.

6. Setelah zat kimia air limbah tersebut diserap oleh enceng gondok, maka air tersebut di saring.

7. dan terakhir air limbah yang sudah bersih akan di tampung, ke tampungan yang ke empat, dimana tampungan keempat tersebut diisi oleh ikan, yang fungsinya sebagai indikator. Jika Ikan tersebut mati dalam jangka waktu tidak lama, berarti air limbah tersebut belum benar-benar bersih. Cukup mudah bukan Indikator terakhir ikan, kasihan juga ikan dijadikan sukarelawan untuk mengecek apakah air limbahnya sudah layak atau tidak.

Jika ada pertanyaan atau apapun mengenai informasi ini hubungi Agus Duradjak,SE di hp 081323739973 BBM 29E26136 Telp. 022-85920070 dan terima kasih sudah membaca informasi ini yang berjudul instalasi pengolahan limbah.

Related For instalasi pengolahan limbah

Recent Post

Pengolahan Limbah Air Wudhu Pengolahan…
Pengolahan Air Limbah Organik Pengolahan…
Pengolahan Limbah Air Bekas Cucian…
Pengolahan Air Limbah Bengkel Pengolahan…